Google Resmi Luncurkan Layanan Cloud Gaming Stadia

Google Resmi Luncurkan Layanan Cloud Gaming Stadia

             Google Resmi Luncurkan Layanan Cloud Gaming Stadia

UMPAN BOLA – Google resmi luncurkan layanan cloud gaming mereka yang bernama Stadia. Sesuai dugaan, perkenalan Stadia diumumkan dalam acara Game Developers Conference (GDC) di San Francisco, Selasa (19/3/2019).

CEO Google, Sundar Pichai, menjadi sosok yang mengumumkan kehadiran Stadia. Pichai menggambarkan Stadia sebagai platform game untuk semua orang. Ia juga sedikit membicarakan ambisi Google untuk menghubungkan game ke semua jenis perangkat, baik itu konsol, PC, tablet, maupun smartphone.

Pilihan Editor

                         – Xherdan Shaqiri Batal Perkuat Timnas Swiss

                         – Hasil Drawing Semifinal Piala FA 2018-2019

                         – Milenia88 – Agen Bola & Kasino Deposit Via Pulsa

                         – 8MPoker Deposit Via Pulsa XL Dan Telkomsel

                         – Promo Freebet 10 Ribu Gratis di QQ1221

Saat didemonstrasikan, gameplay Stadia bergerak mulus berpindah dari smartphone ke tablet dan kemudian ke TV, semua perangkat menggunakan sistem yang dikembangkan oleh Google, seperti Android dan Chrome.

Untuk menambah pengalaman bermain, Google juga meluncurkan controller khusus untuk Stadia. Controller ini terlihat seperti persilangan antara pengontrol Xbox dan PS4, dan perangkat  itu akan bekerja dengan layanan Stadia yang terhubung langsung melalui WiFi.

Selain memiliki susunan tombol standar, controller Stadia ini juga dilengkapi dengan dua tombol unik, yaitu satu tombol untuk menangkap gameplay dan berbagi serta menyimpannya ke Youtube.

Kemudian tombol lainnya tersambung ke Google Assistant, yang mengakses mikrofon bawaan pengontrol untuk mendapatkan saran gameplay dari asisten pintar milik Google tersebut.

Dilansir dari The Verge, untuk memperkuat semua layanan cloud gaming ini, Google memanfaatkan infrastruktur global pusat data untuk memastikan server sedekat mungkin dengan pemain di seluruh dunia.

Itu adalah bagian terpenting dari Stadia karena latensi yang lebih rendah dibutuhkan untuk mengalirkan game secara efektif di internet.

Google mengatakan mereka berharap Stadia dapat mendukung hingga kualitas 4K 60 fps melalui koneksi internet sekitar 25 Mbps, dan berencana untuk mendukung kualitas gambar hingga resolusi 8K dan 120 fps di masa depan. Google bermitra dengan AMD untuk membangun GPU khusus di pusat datanya. Kerja sama ini akan membantu Google untuk memberikan kualitas game yang setara dengan PS4 dan Xbox One X.

Salah satu game pertama yang diluncurkan di layanan Stadia Google adalah Doom Eternal, yang akan mendukung resolusi 4K, HDR, dan 60 fps. Stadia juga akan merangkul para developer game untuk membuat game khusus untuk layanannya dan bisa dimainkan lintas platform.

Sayang, Google belum mengungkap ketersediaan dan harga dari controller ini. Raksasa internet itu hanya menyebut informasi lebih lanjut seputar Stadia akan diumumkan pada pertengahan tahun ini.

 

UMPANBOLA
Situs Portal Berita Bola dan Olahraga