Jepang Juara Piala Asia U-16 2018

Jepang Juara Piala Asia U-16 2018, Jepang vs Tajikistan, Piala Asia U-16 2018

Jepang Juara Piala Asia U-16 2018

UMPAN BOLA – Timnas Jepang U-16 berhasil keluar sebagai juara Piala Asia U-16 2018 usai mengalahkan Tajikistan dengan skor 1-0. Pertandingan yang digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia menjadi saksi dalam melihat Jepang sukses menjadi juara.

Jepang melangkah ke babak Final usai mengalahkan Australia dengan skor 3-1 di babak semifinal. Sementara Tajikistan mendapatkan tiket ke babak Final usai menyingkirkan Korea Selatan dalam babak adu pinalti. Gol tunggal Jun Nishikawa pada menit ke-63 memastikan Jepang merebut trofi Piala Asia U-16 dari Tajikistan.

Trofi ini menjadi trofi ketiga Jepang dalam kompetisi Piala Asia U-16, sebelumnya mereka mendapatkan penghargaan tersebut pada tahun 1994 dan 2006. Selain merebut trofi Piala Asia U-16, Jepang juga merebut gelar top skorer. Shoji Toyama menjadi top skorer dengan mencetal total lima gol di sepanjang turnamen. Shoji menjadi topskorer ditemani oleh Noah Botic (Australia) dan Luqman Hakim (Malaysia) dengan masing-masing mencetak 5 gol.

Jepang Juara Piala Asia U-16 2018, Jepang vs Tajikistan, Piala Asia U-16 2018
Jepang menjadi Juara usai mengalahkan Tajikistan 1-0 di babak Final Piala Asia U-16 2018.

Empat besar dalam kompetisi Piala Asia U-16 akan mewakili negara Asia pada tahun depan di Piala Dunia U-17. Empat besar tersebut adalah Jepang, Tajikistan, Australia dan Korea Selatan yang akan mewakili negara Asia untuk bersaing di Peru tahun depan. Langkah timnas Indonesia U-16 untuk maju ke Piala Dunia harus terhenti setelah dikalahkan oleh Australia pada babak perempatfinal. Indonesia dikalahkan oleh Australia dengan skor 2-3.

Terhentinya Indonesia di Piala Asia U-16 2018 juga menandakan pembubaran timnas Indonesia U-16. Tidak hanya timnas saja tetapi kontrak pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini juga berakhir. Seluruh pemain timnas U-16 Indonesia akan dikembalikan ke klubnya masing-masing dan evaluasi akan dilakukan untuk membuat program baru yang lebih bermanfaat di masa mendatang.

Evaluasi akan dilakukan setelah semua pemain telah kembali ke klub masing-masing. Tidak hanya U-16 saja yang akan di evaluasi tetapi U-19 dan U-23 juga akan dievaluasi ulang mengingat tahun depan akan ada persiapan untuk SEA Games. Fakhri selaku pelatih timnas Indonesia U-16 pun belum pasti akan dipertahankan ataupun dipindahkan ke timnas kelompok umur lainnya.

 

UMPANBOLA
Situs Portal Berita Bola dan Olahraga